Sabtu, 19 November 2011

Jangan Mengeluh, Saudaraku.....!

Saat pengasilanmu Rp. 100.000  perbulan, yang minta sedekah hanya pengemis. Itupun tidak setiap hari, tidak setiap minggu bahkan mungkin tidak setiap bulan. Untuk mereka mungkin cukup dikasih 1000 perak atau  500 perak atau mungkin hanya 100 perak.

Saat penghasilanmu Rp. 500.000  perbulan, selain pengemis akan ada juga yang minta sedekahmu. Mungkin ada panitia pembangunan masjid yang minta sumbangan di jalan raya, mungkin ada yang minta sumbangan untuk pembangunan sarana umum di lingkungan RT-mu, mungkin hanya sebatas sumbangan untuk kegiatan keagamaan di mushollamu. Berilakanlah sebagian rizkimu untuk mereka. Toch..tidak setiap bulan mereka datang. Mungkin hanya setahun sekali.

Saat penghasilanmu Rp. 1.000.000  perbulan, yang akan datang meminta sedekahmu bukan lagi hanya dari lingkungan RT atau RW-mu, tapi mungkin panitia pembangunan sarana keagamaan atau sarana umum di RT/RW lain di desamu akan datang juga. Berilah mereka jumlah yang ideal dengan ukuran penghasilanmu.  Toch, tidak akan setiap bulan yang datang minta sumbangan.

Saat penghasilanmu Rp. 3 juta atau 5 juta perbulan, yakinlah akan lebih banyak lagi orang datang untuk meminta sedekahmu. Bukan hanya berasal dari wilayah desamu, tapi juga penitia-panitia di tetangga desamu juga akan datang minta sumbangan. Proposalpun mungkin tidak hanya setahun sekali atau setahun dua kali, tapi mungkin datang setiap 2 atau 4 bulan sekali. Di samping panitia pembangunan, akan datang juga saudaramu, tetanggamu atau sahabatmu yang minta belas kasihmu untuk meminjamkan uang. 

Saat penghasilanmu Rp. 10 juta-15 juta perbulan, jangan kaget jika proposal di rumahmu akan datang setiap bulan. Bukan hanya dari wilayah desa atau kecamatanmu, tapi mungkin juga dari kecamatan-kecamatan tetanggamu. Akan lebih banyak juga yang datang kepadamu untuk meminjam uang demi keperluan yang mendesak. Dan jangan mengharap mereka akan dapat membayar sesuai dengan waktu perjanjian. Berilah waktu yang cukup bagi mereka untuk dapat membayarnya.

Saat penghasilanmu sudah 20 juta atau 30 juta atau bahkan lebih, bersiap-siaplah untuk mendapatkan proposal di rumahmu atau di tempat kerjamu 3-10 proposal setiap bulan. Tentu dengan jenis dan beragam keperluan. Mungkin ada proposal untuk bantuan kegiatan atau pembangunan sarana keagamaan, sarana umum, bantuan modal usaha, bantuan uang biaya rumah sakit, dan lain-lain. Dan tentunya proposal tersebut bukan hanya berasal dari wilayah kecamatan atau kabupatenmu, tapi mungkin juga dari kabupaten lainnya.

Begitulah Allah menciptakan makhluk dengan segala tanggungjawab dan beban hidupnya.
Allah tidak akan memberikan beban dan tanggungjawab di luar kemampuan kita.

Semakin besar Allah memberikan harta maka sebagian besar amanat dan beban tanggungjawab kita.
dan tentunya semakin besar godaan yang akan menerpa kita.

Jangan mengeluh Saudaraku...
Ketika permintaan sedekah/proposal  dari sesama kita datang kepada kita
karena
engkau akan mengeluh jika Allah mencabut harta yang kau miliki.......
wallahu a'lam